Jumat, 02 September 2016

GOD, GIANTS AND GRASHOPPERS

Bahan Bacaan : Bilangan 13:1-13

Tujuan Pengajaran :
  1.  Memberitahukan kepada ASM kisah tentang 12  pengintai yang diutus Musa untuk menyelidiki tanah Kanaan sebelum bangsa Israel kemudian merebut dan menakklukkannya.
  2.       Mengajarkan kepada ASM bahwa Allah memiliki kuasa mengatasi segala persoalan  dan ketakutan yang kita miliki. Masalah yang terlihat besar dimata manusia sesungguhnya adalah kecil dimata Tuhan.
  3. Mendorong ASM memiliki keyakinan bahwa Allah sanggup menolong mereka mengatasi segala ketakutan dan kekhawatiran yang mereka miliki. Yang perlu dilakukan hanya percaya dan mengandalkan Tuhan dalam segala hal.

PENJABARAN MATERI :

  1. Bangsa Israel telah terbebas dari perbudakan bangsa Mesir. Di bawah kepemimpinan Musa dan Harun, bangsa Israel berjalan melintasi padang gurun selama 40 tahun lamanya. Seperti yang telah Tuhan janjikan sebelumnya, mereka akan dibawa masuk ke tanah perjanjian yang telah Tuhan tetapkan menjadi milik pusaka bagi anak cucu mereka kelak.
  2. Tanah yang dimaksud adalah tanah yang terkenal dengan kesuburan dan kemakmurannya. Bahkan digambarkan tanah itu sebagai tanah yang berlimpah susu dan madu. Penduduk tanah tersebut pun bukanlah orang-orang sembarangan. Mereka adalah orang-orang yang berperawakan besar dan kuat. Selain itu postur tubuh mereka juga lebih tinggi dari postur rata-rata tubuh manusia. Tentu saja, ini membuat siapapun yang memiliki maksud untuk melawan dan menguasai tanah mereka, harus berpikir 100 kali sebelum melakukannya
  3. Firman Tuhan kemudian datang kepada Musa, Menyuruh ia memilih beberapa orang untuk pergi memata-matai daerah yang bernama tanah Kanaan itu. Orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang dipilih dari setiap suku nenek moyang bangsa Israel. Mereka adalah pemimpin dari masing-masing suku.
  4. Ke 12 belas orang pengintai yang dipilih tersebut pergi untuk melakukan pengintaian. Mereka berjalan masuk ke tanah Kanaan dan mengamatinya dengan baik. Mereka sangat kagum dengan kesuburannya, namun merasa gentar dengan penduduknya yang luarbiasa besar dan kuat. Dari pengintaian itu mereka membawa pulang kepada Musa beberapa hasil tanah negeri itu seperti anggur, buah ara dan buah delima.
  5. Dihadapan Musa, ke 12 pengintai memaparkan hasil pengamatan mereka. 10 orang berkata bahwa mereka tidak akan mungkin bisa masuk dan menguasai negeri Kanaan itu karena penduduknya jauh lebih besar dan kuat daripada mereka. Ibarat belalang melawan raksasa, apabila orang-orang Israel tetap maju berperang melawan mereka.
  6. Akan tetapi salah seorang dari antara ke 12 pengintai itu berpendapat lain. Mendengar 10 orang rekannya berbicara seperti itu, Kaleb, demikian namanya justeru berkata sebaliknya. Kaleb mengatakan bahwa mereka tetap dapat maju dan akan mengalahkan penduduk negeri itu. Ini merupakan sebuah keyakinan berdasarkan iman yang dimiliki oleh Kaleb bahwa Tuhan akan menyertai mereka. Kaleb percaya Tuhan sendirilah yang telah berjanji memberikan tanah yang sangat menggiurkan itu kepada mereka,dan oleh sebab itu Ia pasti akan memberikan kemenangan kepada mereka sekalipun kelihatan hal itu sangat mustahil.


APLIKASI :

  1. Dalam kehidupan anak-anak Tuhan  seringkali terdapat banyak perkara dan persoalan yang menimbulkan kegentaran dan ketakutan. Apalagi saat masalah itu terlihat jauh lebih besar dari kekuatan yang kita punya untuk menghadapinya. Kita terasa begitu kecil dan tidak berdaya. Saat-saat seperti itu, setiap anak-anak Tuhan harus ingat bahwa mereka memiliki Tuhan yang jauh lebih besar kuasaNya dari persoalan yang sedang mereka hadapi. Sumber kekuatan adalah Tuhan. Oleh sebab itu, andalkanlah Dia senantiasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar